Tarif Trump pada $ 200 miliar impor Cina masuk - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Monday

Tarif Trump pada $ 200 miliar impor Cina masuk

Tarif yang terancam Donald Trump terhadap impor Cina senilai $ 200 miliar mulai berlaku pada hari Senin, meningkatkan perang perdagangan antara dua ekonomi teratas dunia yang mengaburkan pandangan global.


Tendangan voli terbaru terhadap Beijing membawa jumlah barang yang terkena bea masuk hingga lebih dari $ 250 miliar, mencakup sekitar setengah dari ekspor Cina ke Amerika Serikat, dengan konsumen Amerika semakin merasakan rasa sakit langsung di dompet mereka.

Trump telah mencapai 12 persen dari total impor AS tahun ini saja.

Menentang dalam menghadapi meningkatnya kekhawatiran tentang dampak terhadap ekonomi AS, Trump telah mengancam untuk pergi setelah semua impor dari China jika negara itu menolak untuk mengubah kebijakan yang dia katakan membahayakan industri AS, khususnya pencurian teknologi Amerika.

"Praktik-praktik ini jelas merupakan ancaman besar bagi kesehatan jangka panjang dan kemakmuran ekonomi Amerika Serikat," katanya dalam mengumumkan tarif pekan lalu.

"Kami akan memenangkannya," kata Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, kepada "Fox News Sunday."

"Kami akan mendapatkan hasil yang memaksa China untuk berperilaku dengan cara yang jika Anda ingin menjadi kekuatan - kekuatan global - transparansi, supremasi hukum, Anda tidak mencuri kekayaan intelektual."

Tarif pembalasan di Beijing senilai $ 60 miliar untuk barang-barang Amerika akan mulai berlaku segera setelah itu, kementerian keuangan mengumumkan pekan lalu.

China menargetkan 5,200 barang AS dengan tarif lima sampai 10 persen, termasuk barang-barang tiket besar seperti gas alam cair, kayu dan elektronik, serta minyak peppermint, kulit babi dan kondom.

Ia meninggalkan Beijing yang mencapai $ 110 miliar barang-barang AS, hampir semua yang dibeli Cina dari Amerika Serikat.

Namun Trump memperingatkan dia bisa meningkatkan ke "fase tiga," menampar tarif pada sekitar $ 267 milyar impor tambahan, atau keseluruhan barang yang dibeli AS dari China.

Dialog antara dua ekonomi terbesar dunia tampak terputus. Beijing membatalkan kunjungan tim perunding Cina yang diharapkan 27-28 September di Washington, The Wall Street Journal mengatakan.

Pembicaraan sebelumnya pada akhir Agustus menyebabkan sedikit kemajuan.

Dalam konteks itu, Dana Moneter Internasional telah memperingatkan tentang potensi "biaya ekonomi yang signifikan," termasuk pertumbuhan yang lebih lambat.

"Jika eskalasi lebih jauh, biaya ekonomi untuk kedua negara dan di seluruh dunia akan bertambah dengan cepat," juru bicara IMF Gerry Rice mengatakan pekan lalu.

Fitch Ratings telah memangkas estimasi pertumbuhannya untuk China dan dunia untuk 2019.

"Kebijakan perdagangan AS yang proteksionis kini telah mencapai titik di mana mereka secara material mempengaruhi apa yang tetap menjadi pandangan pertumbuhan global yang kuat," kata lembaga itu dalam sebuah laporan Jumat.

- Daftar Hit -

Impor Cina yang ditargetkan akan menghadapi 10 persen tarif sampai akhir tahun, dan kemudian tarif akan melonjak menjadi 25 persen.

Sejumlah besar produk berada di daftar sasaran, termasuk miliaran penerima data suara buatan Cina, modul memori komputer, pemroses data otomatis, dan aksesori untuk peralatan kantor seperti mesin fotokopi dan dispenser uang kertas - secara instan membuat barang-barang yang banyak digunakan menjadi lebih mahal.

Namun, setelah keluhan dari ribuan perusahaan AS - termasuk pembangkit tenaga listrik seperti Apple dan Walmart - 300 lini produk diturunkan dari daftar target.

Produk-produknya juga termasuk smartwatches dan perangkat Bluetooth, seperti iPhone dan Fitbit, produk keselamatan anak seperti kursi tinggi, kursi mobil dan playpens, dan produk kesehatan dan keselamatan tertentu seperti helm sepeda, kata pejabat AS.

Penghapusan smartwatches dan headphone nirkabel mewakili kemenangan untuk Apple, hanya beberapa hari setelah meluncurkan smartwatch terbaru dan tiga iPhone baru sebagai bagian dari upaya untuk melawan setelah menyelinap ke tempat ketiga di antara pembuat smartphone.

Walmart, pengecer terbesar di dunia, juga memperingatkan tentang "dampak yang merugikan" bagi konsumen jika tarif dikenakan pada sejumlah produk, tetapi banyak dari mereka, seperti tas, koper, produk perawatan rambut, makanan anjing dan kalung anjing, tetap berada di final daftar.

- Beijing menyerang kembali -

China menggariskan benjolan yang cocok dalam tarif untuk target $ 60 miliar barang, tetapi itu kehabisan target bahkan untuk skor pada gelombang tarif ketiga yang terancam Trump.

Setelah menuduh AS meluncurkan "perang dagang terbesar dalam sejarah ekonomi", para analis khawatir Beijing bisa beralih ke tindakan pembalasan "kualitatif" yang terancam, seperti merusak perusahaan AS di China atau membatasi ekspor barang-barang penting ke AS.

Pertarungan perdagangan yang semakin menggairahkan menambah bidang gesekan antara kekuatan saingan.

Minggu ini AS memberi sanksi kepada sebuah organisasi pengadaan militer China, menarik protes tajam dari Beijing dan keputusan untuk menunda pembicaraan militer yang direncanakan.

Keduanya juga berselisih tentang pemecatan Beijing terhadap sekutu diplomatik Taiwan, perlakuan terhadap kelompok agama dan klaim terhadap pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan