Mengenal Ffmpeg (Fast Frontwards Mpeg) - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Friday

Mengenal Ffmpeg (Fast Frontwards Mpeg)


Mengenal FFmpeg (Fast Forward Mpeg) - Nama FFmpeg berasal dari grup video standar MPEG yang kemudian ditambahkan “FF” yang merupakan singkatan dari “Fast Forward”. Sehingga FFmpeg memiliki nama panjang Fast Forward Mpeg. FFmpeg merupakan sebuah modul yang dapat diintegrasikan pada programme komputer yang memiliki kemampuan untuk merekam, mengkonversi, streaming well dan video digital dalam berbagai format. Selain dapat diintegrasikan pada programme komputer, FFmpeg juga dapat dijalankan menggunakan command line. Ffmpeg terdiri dari kumpulan pustaka perangkat lunak bebas atau opened upwards source, sehingga dapat digunakan dan dikembangkan siapa saja saja secara bebas tanpa pungutan biaya. Ffmpeg memiliki beberapa perpustakaan yang berisikan libavcodec, yaitu sebuah perpustakaan untuk well codec/video codec yang sudah banyak digunakan oleh beberapa vendor aplikasi ternama, kemudian libavformat, yaitu sebuah perpustakaan untuk audio/video mux container dan demux container.

Proyek FFmpeg ini dimulai oleh Fabrice Bellard yang menggunakan nama samaran Gerard Lantau, dan saat ini dikelola oleh Michael Niedermayer. Pengembang FFmpeg saat ini kebanyakan merupakan bagian dari pengembang proyek Mplayer sehingga situs resmi FFmpeg saat ini di-hosting pada server proyek MPlayer.

FFmpeg dikembangkan dengan Linux, tetapi dapat dikompilasi di banyak sistem operasi, termasuk Apple Inc Mac OS X, Microsoft Windows dan AmigaOS, bahkan saat ini telah banyak pengembang yang mencoba mengkompilasi FFmpeg bersama dengan programme Android. FFmpeg juga mendukung sebagian besar platform komputasi dan arsitektur microprocessor seperti x86 (IA-32 dan x86-64), PPC (PowerPC), ARM, DEC Alpha, SPARC, dan arsitektur MIPS.

Saat ini FFmpeg telah masuk versi five walaupun belum dirilis secara resmi. Namun pengembang FFmpeg selalu menyarankan untuk membangun menggunakan source code terbaru dari subversion command organization dalam upaya untuk body source code yang lebih stabil. Terdapat dua video codec dan satu video container yang ditemukan dalam proyek FFmpeg selama perkembangannya. Kedua video codec yang lossless “FFV1”, dan lossy atau lossless “Snow codec”.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis codecs yang didukung oleh FFmpeg:
  1. Video Codecs:
    • FFV1
    • H.264
    • H.265
    • VP9 (WebM)
    • AV1
  2. Legacy Codecs:
    • Xvid/DivX/MPEG-4
    • VP8 (WebM)
    • Theora Video together with Vorbis Audio
  3. Audio Codecs:
    • AAC
    • MP3

Sumber https://formasiberita.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan