Ex-Trump Manafort pembantu untuk bekerja sama dalam penyelidikan Rusia - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Friday

Ex-Trump Manafort pembantu untuk bekerja sama dalam penyelidikan Rusia

Ketua kampanye Presiden Donald Trump, Paul Manafort, Jumat sepakat untuk bekerja sama dalam penyelidikan kolusi Rusia dalam sebuah kesepakatan pembelaan yang membuat Gedung Putih semakin dikepung oleh Penasihat Khusus Robert Mueller.

Manafort, yang memimpin operasi pemilihan Trump pada puncak kampanye di pertengahan tahun 2016, mengaku mengurangi tuduhan konspirasi hanya beberapa hari sebelum dia diadili untuk pencucian uang, lobi ilegal dan gangguan saksi.

Kesepakatan mengejutkan itu menyebabkan tujuh orang yang mengaku bersalah dalam kasus-kasus yang terkait dengan penyelidikan Mueller yang berusia 16 bulan mengenai apakah kampanye Trump bersekongkol dengan Rusia.

Itu menunjukkan bahwa Mueller semakin dekat dengan Trump, keluarganya dan staf top dalam operasi yang banyak berspekulasi dapat menghasilkan gerakan impeachment terhadap presiden.

Gedung Putih meskipun menegaskan pengakuan bersalah Manafort, dalam tuduhan yang terutama terkait dengan karyanya di Ukraina selama satu dekade sebelum pemilihan 2016, sepenuhnya tidak berhubungan dengan presiden.

"Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan presiden atau kampanye presidennya yang menang tahun 2016. Ini sama sekali tidak ada hubungannya," kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders.

- Probe Mueller mempercepat -

Kesepakatan Manafort datang tiga minggu setelah mantan pengacara pribadi Trump Michael Cohen melibatkan presiden secara langsung ketika dia mengaku bersalah di New York atas tuduhan pelanggaran dana kampanye, terkait dengan pembelian diamnya wanita yang diduga memiliki hubungan dengan Trump.

"Saya mengaku bersalah," kata konsultan politik veteran Republik berusia 69 tahun itu kepada pengadilan setelah membaca dakwaan terhadapnya.

Dia menghadapi hukuman penjara hingga 10 tahun, dan akan melihat jutaan dolar uang real estat dan akun keuangan yang disita oleh otoritas AS.

Pengacara Manafort Kevin Downing mengatakan kliennya telah setuju untuk bekerja sama untuk "melindungi keluarganya".

"Dia telah menerima tanggung jawab atas perilaku yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu," tambah Downing.

Kesepakatan pembelaan Manafort menghindari uji coba yang berpotensi meledak yang dapat mempermalukan presiden dan Partai Republiknya selama tujuh minggu sebelum pemilihan umum yang diperebutkan secara panas pada 6 November.

Tapi itu juga menunjukkan kemajuan pesat yang dibuat Mueller dalam penyelidikan luas.

Pekan lalu George Papadopoulos, penasihat kebijakan luar negeri untuk kampanye 2016 yang kontak dengan Rusia memulai penyelidikan kolusi asli, dijatuhi hukuman 14 hari penjara karena berbohong kepada FBI. Hukumannya telah ditahan selama hampir satu tahun sementara dia bekerja sama dengan para penyelidik.

Mantan penasehat keamanan nasional Trump Michael Flynn, yang juga mengaku bersalah karena berbohong, masih bekerja sama dalam penyelidikan saat dia menunggu hukuman.

- Biaya yang terkait dengan pekerjaan Ukraina -

Manafort sudah divonis bersalah dalam sidang juri terpisah pada delapan tuduhan terkait dengan penipuan keuangan pada bulan Agustus.

Tuntutan itu, serta dua dakwaan yang tercakup dalam kesepakatan pembelaan Jumat, berasal dari karyanya untuk mantan presiden Ukraina Viktor Yanukovych dan partai politik pro-Moskow antara sekitar 2005 dan 2014.

Jaksa penuntut mengatakan Manafort bertindak secara ilegal sebagai pelobi untuk Yanukovych, mencuci lebih dari $ 30 juta ke Amerika Serikat, dan menipu pemerintah dengan pajak $ 15 juta.


Namun Manafort dapat memiliki informasi orang dalam mengenai interaksi dugaan kampanye Trump dengan Rusia dari hampir enam bulan dengan kampanye di pertengahan 2016.

Kepala-kepala intelijen AS mengatakan Moskow campur tangan dalam pemilihan umum secara luas untuk membantu Trump mengalahkan pesaingnya dari Demokrat, Hillary Clinton.

Dokumen yang diajukan dalam persidangan pertamanya menunjukkan Manafort mempertahankan kontak Ukraina dan Rusia-nya sendiri selama kampanye, termasuk dengan pembantu Ukraina lama yang intelijen AS mengatakan memiliki hubungan dekat dengan agen mata-mata GRU yang kuat di Moskow.

Selain itu, Manafort hadir dalam pertemuan yang diadakan oleh eksekutif kampanye, termasuk putra Trump Donald Trump Jr. dan menantu laki-laki Jared Kushner, dengan seorang pengacara Rusia yang telah menawarkan mereka "kotoran" pada Clinton.

Pertemuan itu sekarang menjadi fokus utama penyelidikan Mueller.

Trump telah berulang kali berbicara dalam pertahanan Manafort - sementara juga berusaha menjauhkan diri dari rekannya yang dulu.

"Saya merasa sangat buruk bagi Paul Manafort dan keluarganya yang luar biasa," dia menulis di bulan Agustus, satu hari setelah keyakinan pertama Manafort. "Tidak seperti Michael Cohen, dia menolak untuk 'istirahat' - membuat cerita untuk mendapatkan 'kesepakatan'."

Setelah putusan itu, pengacara Trump, Rudy Giuliani, mengkonfirmasi kepada The New York Times bahwa dia dan Presiden telah mendiskusikan kemungkinan pengampunan untuk Manafort, dan kejatuhan politik yang dapat terjadi.

"Dia benar-benar mengira Manafort telah diperlakukan dengan buruk," Giuliani mengatakan kepada Times.

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan