AS menangkap warga negara China dengan tuduhan mata-mata - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Wednesday

AS menangkap warga negara China dengan tuduhan mata-mata

Seorang warga negara Cina yang datang ke AS dengan visa pelajar ditangkap Selasa di Chicago dan dituduh membantu upaya Beijing untuk merekrut para ilmuwan dan insinyur Amerika.

Ji Chaoqun diduga bertugas memberikan intelijen China dengan informasi biografi tentang delapan warga Amerika - beberapa di antaranya adalah kontraktor pertahanan AS.

Pria berusia 27 tahun, yang pertama kali tiba di Chicago pada 2013 untuk mempelajari teknik elektro tentang visa pelajar, dituntut dengan satu tuduhan sebagai agen pemerintah asing tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Jaksa Agung AS.

Menurut surat pernyataan pengadilan, Ji bekerja di arah seorang "perwira intelijen tingkat tinggi" di Kementerian Keamanan Negara China, yang "menangani pengumpulan intelijen sipil dan bertanggung jawab untuk kontra-intelijen dan intelijen asing, serta keamanan politik . "

Kedelapan orang yang diduga diteliti Ji adalah warga negara Amerika yang dinaturalisasi yang lahir di Taiwan atau Cina, menurut pihak berwenang. Target baik saat ini bekerja atau baru-baru ini pensiun dari karir di industri sains dan teknologi.

Sebuah surat pernyataan yang diajukan di pengadilan federal oleh penyelidik FBI yang mengkhususkan diri dalam spionase, klaim di antara orang-orang yang ditargetkan adalah seorang insinyur di salah satu "pemasok mesin pesawat terbang dunia atas untuk pesawat komersial dan militer."

Setelah salah satu penangan Ji ditangkap, dia bertemu dengan agen rahasia AS pada bulan April dan Mei, dan mengakui pekerjaannya, termasuk mengumpulkan pemeriksaan latar belakang, kata surat pernyataan.

Dia diduga mengatakan kepada agen yang menyamar: "Mereka hanya ingin saya membeli beberapa dokumen atas nama mereka. Alasan mereka hanya karena itu tidak nyaman bagi mereka untuk melakukan pembayaran dari China."

Ji juga terdaftar di Cadangan Angkatan Darat AS, menurut kantor Jaksa AS, tetapi gagal mengungkapkan kontak asingnya dengan militer.

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan