Defisit akun berjalan untuk terus berlanjut sampai Q3 - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Wednesday

Defisit akun berjalan untuk terus berlanjut sampai Q3

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan bahwa defisit transaksi berjalan besar akan berlanjut hingga kuartal ketiga, karena langkah-langkah pemerintah untuk mengekang impor tidak menghasilkan hasil yang signifikan pada kuartal kedua.

Sri Mulyani mengatakan bahwa defisit transaksi berjalan pada kuartal kedua adalah 3,04 persen dari produk domestik bruto (PDB), atau US $ 8 miliar, dibandingkan dengan $ 5,7 miliar pada kuartal pertama.

“Kami telah melihat bahwa defisit transaksi berjalan tidak menyempit pada kuartal ini,” kata menteri di Jakarta pada hari Senin, sebagaimana dikutip oleh kontan.co.id.

Defisit neraca transaksi berjalan yang besar telah berdampak negatif terhadap ketahanan rupiah terhadap tekanan eksternal, khususnya dampak perang perdagangan dan normalisasi perdagangan AS-China di Amerika Serikat.

Dalam upaya untuk mengurangi defisit, pemerintah memperkenalkan beberapa kebijakan untuk mengurangi impor, termasuk tarif impor yang lebih tinggi pada barang-barang konsumsi, penggunaan wajib 20 persen campuran biodiesel (B20) untuk kendaraan berat dan peralatan, dan menunda proyek-proyek infrastruktur yang dipilih.

Sri Mulyani mengatakan kebijakan B20, yang mulai berlaku pada awal September, tidak akan berdampak pada defisit transaksi berjalan pada kuartal ini. "Kami akan melihat hasil dari kebijakan wajib B20 pada kuartal keempat," katanya. (bbn)

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan