Konsep Steganografi - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Friday

Konsep Steganografi


Konsep Steganografi - Konsep dari steganografi adalah menyembunyikan pesan dalam media lain, sehingga pesan tidak dapat dibaca atau diketahui secara langsung, dalam steganografi dikenal beberapa istilah yaitu:
  1. Hidden file, merupakan pesan atau file yang tersembunyi atau disembunyikan.
  2. Cover, merupakan media yang digunakan untuk menyisip pesan atau file.
  3. Stego audio, merupakan media well yang sudah disisipkan pesan atau file.
  4. Stego key, merupakan kunci yang digunakan untuk menyisipkan pesan atau file maupun membaca pesan atau melihat file.
Dalam steganografi well digital ini, hidden file atau embedded message yang dimaksudkan adalah pesan suara yang akan disisipkan ke dalam embrace atau carrier yang juga merupakan file well digital. Melalui hasil penyisipan pesan suara kedalam file well akan dihasilkan stego well yang merupakan file well yang berisikan pesan rahasia. Proses penyisipan dan pengekstrakan ini memerlukan kunci rahasia (stego key) agar hanya pihak yang berhak saja yang dapat melakukan penyisipan dan ekstraksi pesan.

Proses penyisipan pesan suara menggunakan media penyisipan berupa file well yang berformat mp3 dan akan dikombinasikan dengan sebuah kunci. Skema penyisipan pesan dapat dilihat pada gambar berikut:


Melalui gambar diatas dapat dilihat bahwa pengirim akan membutuhkan iii file yaitu file embrace atau penampung yaitu file well dengan format *.mp3 untuk menampung pesan rahasia berupa file well tape dengan format *.mp3 dan stego primal yang akan diinputkan kedalam aplikasi enkripsi suara sehingga menghasilkan file stego well dengan format *.mp3 yang akan dikirim kepada penerima.
Sedangkan pada proses pengekstrakan penerima akan memerlukan two file yaitu file stego primal yang sama dengan stego primal yang dimiliki oleh pengirim agar hidden file dapat dilihat dan stego well dengan format *.mp3 yang merupakan well yang telah disisipi dengan hidden file. Skema pengekstrakan dapat dilihat pada gambar berikut:


Saat ini steganografi dalam dunia digital berkembang menjadi two fungsi yang berbeda, pertama bertujuan untuk melindungi file dokumen rahasia dari deteksi dan merupakan tujuan utama dari steganografi. Kemudian yang kedua bertujuan untuk melindungi file dokumen rahasia pada media agar tidak dapat dihilangkan atau dihapus.

Sumber https://formasiberita.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan