Ternyata Sony Santoso Pernah Jadi Caleg Berkarya, Kini Di Amankan Polisi Alasannya Ialah Diduga Merancang Demo Gunakan Peledak - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Thursday

Ternyata Sony Santoso Pernah Jadi Caleg Berkarya, Kini Di Amankan Polisi Alasannya Ialah Diduga Merancang Demo Gunakan Peledak


Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang membenarkan bahwa Laksamana Muda (Purn) Sony Santoso yang dikabarkan diamankan polisi merupakan mantan calon anggota legislatif dari partainya.

"Iya betul," ucapnya, ketika dikonfirmasi wartawan lewat pesan singkat, Senin (30/9/2019).

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengamankan enam orang yang diduga merancang kerusuhan dengan memakai materi peledak di tengah demonstrasi.

Belum diketahui demo mana yang akan menjadi target kelompok terduga itu.

Dari info yang diterima enam orang yang diamankan di Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (28/9) itu, yakni AB, S, YF, AU, OS, dan SS. Mereka ditangkap dengan barang bukti molotov.

Salah satu pihak yang diamankan, yakni AB, disebut sebagai dosen IPB.

Ia ditangkap karena dituduh melanggar Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 atas tindak pidana membuat, menguasai, membawa, menyimpan, mengangkut, menyerahkan dan atau berusaha menyerahkan materi peledak.


Dikutip dari Antara, polisi juga mengamankan 29 bom jenis molotov yang disimpan di kediamannya, Perumahan Pakuan Regency Linggabuana, RT 003/007, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Badaruddin menyebut Sony belum usang menjadi bab dari partai pimpinan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto itu, yakni gres ketika Pemilu 2019.

Ia pun membantah keterlibatan partai maupun keluarga Cendana dalam kasus Sony. Lantaran itu, pihaknya tak memberi dukungan hukum.

"Kami dari partai tidak ikut campur dalam urusan itu, kalaupun dia ada indikasi terlibat itu langsung dia bukan sebagai kader partai," tepisnya.

"Partai Berkarya tidak ada sangkut paut dengan itu, apalagi ada juga yang tuding keluarga Cendana ikut bermain. Maaf, semua itu tidak benar. Justru kami lagi fokus urus internal partai dengan penilaian menuju perbaikan," dia menambahkan.

Dalam pertemuan terakhirnya sebulan lalu, Badaruddin menilai sosok Sony tak mengatakan gejala hendak melaksanakan perbuatan makar.

"Dalam diskusi pertemuan kami dia tidak ada gejala dia mau makar. Justru sebaliknya, dia memberi semangat cinta NKRI dan selalu berkarya. Orangnya baik," klaimnya.

"Positif thinking dulu ya, saya kira dia mantan prajurit yang setia pada NKRI. Jangan hingga dia dijebak," tambah dia.

Soal keanggotaan di partai, Badaruddin menilai tak perlu ada pemecatan pada Sony.

"Tidak perlu dicabut. Toh keanggotaan dia untuk memenuhi syarat caleg kemarin (pemilu 2019). Kita praduga tak bersalah dulu lah. Kalau nanti dia terbukti dan sudah terdakwa otomatis kita akan cabut keanggotaannya. Ada aturan mainnya yang diatur dalam AD/ART kami," tuturnya.

Mengutip dari situs jariungu.com, Sony Santoso (61) merupakan caleg Partai Berkarya dari Daerah Pemilihan Banten 2. Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia AL yang berdomisili di Tangerang ini mempunyai motivasi "Bersama Partai Berkarya sebagai Agen Perubahan dalam Pendidikan".


Sumber : Cnnindonesia.com

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan