Macam-Macam Peribahasa - TEGALSIANA

Latest

INDONESIAN ENGLISH AND JAVANESE

Friday

Macam-Macam Peribahasa


Macam-Macam Peribahasa - Ada beberapa macam peribahasa, yaitu ungkapan, pepatah, perumpamaan, bidal/pameo, tamsil/ibarat, dan semboyan. Berikut penjelasannya selengkapnya.
  1. Bidal/Pameo Bidal atau pameo merupakan salah satu jenis dari peribahasa yang didalamnya mengandung sindiran, ejekan dan peringatan.
  2. Pepatah Pepatah merupakan salah satu jenis peribahasa yang mengandung ajaran atau nasihat dari orang-orang tua (peribahasa ini biasanya hanya digunakan atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicara).
  3. Perumpamaan Perumpamaan merupakan salah satu jenis peribahasa yang berisi kata-kata yang mengungkapkan keadaan ataupun kelakuan dari seseorang dengan mengambil perbandingan dari alam sekeliling yang umumnya didahului dengan kata bagai, seperti, laksana, bak dan lain sebagainya.
  4. Semboyan Semboyan merupakan kumpulan kata-kata, kalimat atau frase yang dipakai sebagai prinsip atau pedoman.
  5. Tamsil/Ibarat Tamsil atau Ibarat merupakan kiasan yang sering memakai kata “ibarat” yang bertujuan untuk membuat perbandingan tentang suatu hal atau perkara.
  6. Ungkapan Ungkapan merupakan kiasan tentang keadaan atau kelakuan seseorang yang dinyatakan dengan pepatah ataupun beberapa patah kata.

Sumber https://formasiberita.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

puisi tegalan